Minggu

ILMU PELARIS SAUDAGAR HIRAMIYAN, PENGLARIS USAHA


IHKTIAR PELARIS SAUDAGAR

ini berdasar pengalaman saya dalam ceck out saat berbelanja dipasar guna mengetahui kondisi stabilitas daya beli masyarakat paska bbm naik beberapa bulan lalu. saya menghampiri satu toko ke toko lain untuk berbelanja baju sambil bertanya pada masing-masing pedagan disetiap tokonya, setelah beli baju dan membayar saya bertanya "bagaimana penjualan beberapa bulan terahir ini pak?" mereka jawab "menurun" ada yang menjawab "sepi" ada juga yang menjawab "ya beginilah daripada menganggur". dari jawaban jawaban tadi menunjukkan bahwa mereka usaha dagangnya sedang lesu. saya coba menghampiri toko lain, saya beli baju, membayar lalu bertanya "bagaimana penjualan beberapa bulan terahir ini pak?" dia jawab "masih ramai seperti biasa, tadi baru saja ada order banyak dari luar kota" jawaban pedagang yang satu ini membuat saya cukup heran, saat pedagang lain sedang sepi tapi pedagang yang ini malah ramai. saya kembali bertanya "asal mana pak?" dia jawab "asal aceh tapi dijakarta meneruskan usaha ayah saya jualan pakaian dan kain" saya tanya lagi "tadi saya tanya yang lain pada sepi anda kok bisa rame wah hebat"(bertanya sambil nada iseng), dia jawab "jujur saya selain jualan juga dapat amanah dari ayah saya untuk membaca surat waqi'ah 3x dan surat arrohman 3x tiap-tiap lepas solat duhur, karena itu perintah orang tua maka saya lakukan saja biar berkah" saya bertanya lagi " kalau dibaca selain waktu setelah solat dzuhur tidak boleh ya"(tanya lagi dengan nada iseng) dia jawab " kata ayah saya harus dilakukan setelah lepas solat dzuhur dan harus dilakukan tiap hari dan saya ada pembantu ditoko ini untuk menjaga toko saat saya sedang solat dzuhur" .

Diatas adalah sekelumit pengalaman saya saat berkunjung kejakarta, kota besar indonesia dengan seribu persaingan. memang, dalam usaha berdagang seseorang bisa kalah saing dan bisa kolaps bila  secara batiniyah kurang kekuatan, lihat di itc cempaka banyak pedagang yang sama-sama memberi barang bagus dan pelayanan ramah tapi tak semuanya laris. dalam persaingan ketat seseorang butuh keberuntungan untuk tetap berjaya. semoga ada hikmahnya,,, salam sejahtera 

by wan fuad
YouTube; Wan Fuad Official
email;  awiewings9@gmail.com
hp; +628985412739
WhatsApp +628985412739