Minggu

ILMU MAKRIFAT ALFATIHAH





BERMAKRIFAT DENGAN ALFATIHAH 
DAN SEGALA RAHSIANYA

Bismillahirrohmanirrohim, banyak yang merasakan khasiat alfatehah yang dibacakan seorang kiyai atau seorang alim, dibaca 7x digelas berisi air dan bisa ampuh menyembuhkan beragam penyakit tetapi setelah coba dipraktekkan sendiri ternyata tidak seampuh air alfatehah dari sang kiyai. apa penyebabnya? sebabnya ialah seorang alim dan kiyai yang mumpuni mengerti dan tahu makrifat terdalam alfatehah dan asal usulnya, lebih tepatnya ialah anda kenal alfatehah dan alfatehah kenal dengan anda dan ahirnya saling kenal mengenal dan bisa saling ta'awun lillahi ta'ala. untuk itu disini saya wan fuad akan membahas panjang lebar soalan bermakrifat dengan alfatehah.

Alfatehah mempunyai tujuh ayat bermula bismillahirrohmanirrohim sehingga waladl-dlollin dan diturunkan dimakkah, ada sebuah riwayat bahwa alfatehah diturunkan dua kali iaitu setengah dimakkah dan setengahnya di madinah. alfatehah dibawa jibril dari bawah arys dan sudah ada dibawah arsy sebelum adam dan hawa diciptakan dan dengan lumuran bayangan alfatehah juga dewi hawa disempurnakan, bayangan alfatehah itulah yang disebut alfatehah betina.  ada sebuah hadis dari ibnu mas'ud yang berbunyi "likulli syaiun asas wa asasul qur'an alfatihahwa asasul fatihah bismillahirrohmanirrohimwa idzattaqollabta wasytakaitafa alaika bilfatihati tasyfi" artinya; setiap hal punya pondasi dan pondasinya alqur'an adalah alfatihah dan pondasinya alfatihah adalah bismillahirrohmanirrohim maka bila anda punya masalah dan keluhan maka alfatihah adalah solusinya". dari hadis ini secara global bisa dipahami bahwa alfatehah adalah solusi untuk kita bila kita sedang ada masalah namun diantara kita masih bingung bagaimana cara mendapatkan bantuan ilahiyah perantara alfatihah ini maka bermakrifatlah pada alfatihah ayat demi ayat satu per satu.

Bismillahirrohmanirrohim makrifatnya dalam nama allah, bersama nama allah dan dengan nama allah yang menyayangi semua mahluk didunia beriman atau tidak dan diahirat hanya yang beriman saja yang dikasihi.
Alhamdulillahi robbil alamin makrifatnya, segala puji hanya untuk allah sang pencipta alam raya, yang memelihara alam raya dan tuhan seluruh makhluk alam raya.
Arrohmanirrohim, makrifatnya arrohman adalah bahwa allah mengasihi semua makhluknya didunia ini baik yan beriman/tidak semua dikasihi. Arrokhim bermakrifat bahwa allah menyayangi semua mahluknya yang beriman ketika di ahirat, jadi diahirat hanya yang beriman yang mendapatkan rahmatnya.
Maliki yaumiddin, makrifatnya ialah bahwa allah yang menguasai hari pembalasan, hari pembalasan tak hanya nanti saat qiyamat tapi juga didunia ini ada hari balasan, yang baik dibalas baik dan yang buruk akan dibalas buruk.
Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in, makrifatnya bahwa hanya allah tuhan yang berhak disembah dan tiada tuhan selain allah serta pertolongan hakiki dan nyata hanya datang dari allah, sesama mahluk boleh saling minta bantuan tapi pertolongan hanya datang bila allah mengizinkan.
Ihdinash-shirotol mustaqim, makrifatnya hanya allah yang bisa menuntun dan mengantar siapapun pada jalan yang benar, manusia hanya memberi nasehat dan petunjuk namun hidayah hanya datang dari allah.
sirotol-ladzina an'amta alaihim ghoiril maghdubi alaihim waladl-dloollin, makrifatnya ialah jalan kebenaran adalah jalan yang dilalui oleh mereka yang diberi nikmat dan ridlo oleh allah, jalan yang dilalui oleh mereka yang diberi nikmat dan ridlo allah adalah sirotol mustaqim.

Dalam hidup ini kita harus berada didalam sirotol mustaqim karena sesiapa yang berada didalamnya akan hidup dipenuhi nikmat dan ridlo allah, bila hidup sudah mendapat ridlo allah maka apapun yang ia kerjakan selama halal maka akan mendapatkan banyak kenikmatan, bila bekerja akan mudah mendapat banyak rezeki, bila sedang berobat mudah dapat kesembuhan, bila sedang terancan mudah selamat, bila sedang bahagia mudah melakukan ibadah, bila digoda setan mudah terhindar, bila sedang ada masalah mudah ada solusinya, bila sedang punya hutang mudah lunas. maka dari itu dalam alfatehah kita minta kepada allah agar dituntun langsung menuju sirotol mustaqim karena sangat pentingnya manusia hidup dalam sirotol mustaqim, juga agar nanti diahirat dalam kita meniti titian sirotol mustaqim bisa lancar sampai surga karena dituntun allah. oleh sebab pentingnya sirotol mustaqim ini kita diwajibkan membaca alfatehah dalam setiap sholat dan dalam berdoa selalu diahiri dengan alfatihah...

Disini alfatehah dipahami secara makrifat, bukan secara terminologi / terjemahan. terjemahan ayat dengan kemakrifatan ayat sudah beda jauh dan kemakrifatan ayat memberi pengetahuan secara mendalam apa inti yang disampaikan ayat.

Afatehah mempunya 30 nama yang perlu anda ketahui untuk lebih mengenal alfatehah yaitu;
1- fatihatul kitab 2- fatihatul qur'an 3- ummul kitab 4- ummul qur'an 5- alqur'anul 'adzim 6- sab'ul masani 7- wafiyah 8- waqiyah 9- alkanzu 10- kafiyah 11- al-asas 12- an-nur 13- alhamdu 14- asy-syukru 15- hamdul ula 16- hamdul qoshwa 17- ar-ruqyah 18- asy-syifa' 19- syafiyah 20- ash-sholah 21- ad-du'a 22- surotus su'al 23- surotut tolab 24- ta'limul mas'alah 25- al-munajah 26- al-tafwid 27- almukafa'ah 28- afdolu suwar 29- akhiru suroh 30- a'dzomu suroh. dan yang paling familiar diantara kaum muslimin adalah nama alfatihah, sedangkan didalam alqur'an dikenal sebagai sab'ul masani dan ketika masih berada diarsy disebut alhamdu. dalam ilmu semula jadi pentingnya mengetahui nama asal mula adalah secara batiniyah memberi ikatan, ikatan rasa dan ikatan kekuatan. maka dalam mengetahui nama nama alfatehah dan makrifatnya maka ada ikatan batiniyah antara anda dan alfatehah ini bias membuat bacaan alfatehah yang anda lantunkan bias lebih tajam untuk khasiatnya. sekian dulu dari saya wan fuad tentang makrifat alfatehah, kunjungi juga situs wan fuad laiin di www.limatuah.blogspot.com untuk solusi masalah buat anda. salam sejahtera...

by wan fuad
YouTube; Wan Fuad Official
email; awiewings9@gmail.com
hp; +628985412739
WhatsApp +628985412739