Minggu

KAJI MAKRIFAT BISMILAH


KALIMAT INTI BASMALAH 
DAN KAJI MAKRIFAT KUN FAYAKUN

Bismillahirrahmanirrahim, alfatihah dalam islam adalah surat teragung sekaligus inti sari dari alqur'an. dan basmalah adalah intisari dari alfatihah dan inti sari dari basmalah ada di huruf ba' yang bermakrifat langsung dengan huruf kaf dan nun dari ayat kun faya kun.

Segala sesuatu bermula dari kun faya kun nya allah dan kun faya kun bermakrifat dari ba' nya basmalah maka para ahli makrifat berkata bahwa seluruh alam raya dan rahasianya ada di huruf ba' nya basmalah.

Semua alam, semua benda, semua makhluk, semua ruh, semua ilmu berasal dari kun fayakun nya allah dan kun fayakun bermakrifat serta wushul langsung dengan ba' nya basmalah maka jangan heran jika nabi sulaiman adalah nabi paling kaya dan paling sakti setelah mendapatkan wahyu berupa ayat bismillahirrahmanirrahim. ayat bismilah pertama kali turun dimuka bumi diwahyukan oleh allah kepada nabi sulaiman. nabi sulaiman adalah nabi pertama yang mendapat wahyu ayat bismillahirrahmanirrahim. dengan kalimat bismilah ini nabi sulaiman menundukkan semua makhluk termasuk setan pun bisa tunduk. nabi sulaiman juga menggunakan ayat bismillahirrahmanirrahim ini dalam suratnya yang dikirimkan pada ratu bilqis agar ratu bilqis agar ratu bilqis tunduk dan mau mengikuti ajaran allah. dan sekita tunduk saat setelah menerima surat nabi sulaiman. ini diterangkan dalam surat an-naml pada ayat INNAHU MIN SULAIMANA WA INNAHU BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM ALLA TA'LU ALAYYA WA'TUUNI MUSLIMIN artinya "sesungguhnya itu surat dari sulaiman dan sesungguhnya isi surat itu BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM janganlah kalian menyombong padaku dan datanglah kalian padaku dalam keadaan berserah diri (ikut pada allah)". dan dari surat tersebut ratu bilqis beserta rakyatnya datang kepada nabi sulaiman dengan tunduk dan mengikuti ajaran nabi sulaiman disebabkan ada lafaz bismillah yang digunakan nabi sulaiman dalam surat perintahnya.

Sehebat itu bismillah digunakan nabi sulaiman dalam mengawali semua ucapannya sehingga perintahnya dituruti dan semua makhluk bisa tunduk seketika saat disuruh tunduk. sepeninggal nabi sulaiman, ayat bismillahirrahmanirrahim diangkat ke langit oleh allah dan diturunkan untuk kedua kalinya kepada nabi muhammad. seandainya nabi sulaiman tidak mengucapkan ROBBI HAB LI MULKAL LA YANBAGI MIN BA'DI maka nabi muhammad akan memakai mukjizat penunduk ini namun dari kalimat bismilah inilah nabi teragung dengan mukjizat paling abadi yaitu alqur'an dan intisari alqur'an ada di surat alfatihah dan intisari alfatihah ada di kalimat basmalah dan intisari basmalah ada di huruf ba' nya yang wushul dengan firman allah kun fayakun. dari ba' nya bismillah yang wushul dengan kun fayakun inilah muncul bismilah bayangan dalam istilah para ahli makrifat melayu. 

Karena bismillah bayangan berasal dari ba' nya bismillah yang menjadi inti rahasia kun fayakun maka perlu mengetahui bayangan dari bismillah untuk membuka semua asror dari kalimat bismillah dan kun fayakun. kalimatnya adalah;
bi KANA ma KANA
bi YAKUNU ma YAKUNU
Artinya; "dengan-ku(allah) semua yang ada pasti ada, dengan-ku(allah) semua yang akan ada pasti akan ada. ini menerangkan tentang bahwa kun fayakun-nya allah ada dua. yang pertama untuk kejadian saat itu langsung dan kontan terjadi tanpa sebab. misal, nabi musa memukulkan tongkatnya ke laut dan langsung terbelah laut nya, ini adalah kun fayakun-nya allah yang kontan (dijelaskan pada bismilah bayangan kalimat pertama). dan yang kedua adalah kun fayakun-nya allah yang untuk kejadian yang akan datang / masa mendatang. misal, anda punya anak, itu sudah di-kun allah tapi tidak kontan kejadiannya, saat allah berfirman kun jadilah anak maka tidak langsung jadi anak tapi pembuahan dulu didalam rahim, dua bulan bentuknya masih melengkung tidak jelas, bulan ke 5 mulai nampak jelas bentuknya, bulan ke-7 bentuknya terlihat sempurna, 9 bulan sudah 100% baru sempurna bentuknya dan jadi anak. ini dijelaskan pada bismillah bayangan kalimat kedua. secara umum, kun fayakun allah yang pertama hanya diberlakukan oleh allah sebagai mukjizat dan karomah untuk para nabi dan wali maka para wali mendapatkan kun fayakun dari allah secara kontan tanpa proses yang masuk akal sebagai mukjizat dan karomah untuk mereka. sedangkan kun fayakun allah yang kedua diberlakukan allah sebagai hukum alam untuk sebuah kejadian alami di alam raya yang semuanya berproses (tidak kontan) berjalan sesuai logika sebagai sunnatullah dalam menjalankan alam raya ini sesuai rencananya. apa yang akan terjadi pada hidup anda 50 tahun mendatang sudah di-kun allah sejak zaman azali dan sudah tertulis di Lauhil Mahfud. ada kejadian buruk dan ada kejadian baik. allah akan mengubah yang buruk menjadi baik bila anda mau berdoa dan berusaha. maka rajin rajinlah berdoa agar allah sang maha penentu meng-kun kehidupan anda jadi lebih baik dimasa mendatang.

Salam sejahtera dari saya wan fuad. semoga pengunjung situs sanggartuah taming sari sukses selalu, aamiin.

by wan fuad
Youtube channel;  Wan Fuad Official
hp/wa; +628985412739
email; awiewings9@gmail.com