Minggu

MAKRIFAT KUN FAYAKUN LENGKAP


MENGUBAH AIR LAUT MENJADI TAWAR 
MERUBAH AIR TAWAR MENJADI ASIN
MENGUBAH AIR LAUT YANG MENJADI TAWAR KEMBALI ASIN

Ilmu makrifat dimiliki orang orang khusus dalam strata arif billah yaitu MENGENAL DAN MENGETAHUI ALLAH. sampai saat ini kita semua dalam taraf mengetahui allah tapi belum mengenal allah. ya, mengenal dan mengetahui itu beda. dulu waktu sekolah madrasah diniyah kita ditunjuk ajarkan guru kita dalam pelajaran tauhid soal sifat-sifat allah yang wajib dan sifat-sifat allah yang muhal, sam madrasah aliyah dan dpondok pesantren kita ada lagi pelajaran tauhid tentang sifat sifat allah lebih jabar lagi mengenai dzat allah, sifat allah dan dalil aqli juga dalil naqli, itu sebatas tahu saja belum mengenal, seperti halnya saya tahu presiden indonesia joko widodo, saya tahu dia presiden, orangnya ramah, pernah jadi bupati solo, tubuhnya tidak terlalu gemuk, suka penampilan sederhana, berambut pendek, suka muzik rock, ya itu sebatas tahu tahu saja saya berkata soal presiden jokowi mulai sifat dan ciri tubuhnya bukan berarti saya kenal beliau tapi cuma tahu saja belum kenal dan tak pernah kenal hanya sebatas tahu. begitulah kita dan orang awam semua hanya sebatas tahu tentang bagaimana sifat wajib allah dan sifat muhal allah dari pelajaran tauhid di pondok pesantren dan madrasah.

Kita sebagai hamba allah tidak boleh hanya sekedar tahu tapi juga harus mengenal allah. CARANYA? dengan mendekatkan diri kepada allah secara ibadah dan rasa, ibadah dan rasa menyatu menjadi satu adalah tahap pertama mengenal allah. yang kedua, menyatukan ibadah dan rasa bersama jiwa lalu meleburnya dalam anasir raga yang menjadi nur kauniyah ilahiyah lalu menyimpannya dalam hati. ketika nur kauniyah ilahiyah tersimpan dalam hati maka terbuka terang dan jelas gerbang antara kita dan allah. bila sudah begini maka yang ada didalam hati hanya allah, berjalan dijalan melihat pohon ingat allah, melihat batu ingat allah, melihat hewan ingan allah, melihat bangunan ingat allah, melihat makanan ingat allah, makan minum ingat allah, duduk berdiri ingat allah, kenyang lapar ingat allah, allah allah allah hingga tiap nafas yang ada hanya allah saja. bila sudah begini maka nur kauniyah ilahiyah dalam hati akan semakin besar, bila bisa mengendalikan nur tersebut maka nur tersebut bisa digunakan untuk menerangi hati siapapu. wali songo dan wali wali lain memakai ini untuk menerangi hati kaum hindu budha zaman dulu agar mau masuk islam dan akhirnya nusantara ini di islamkan. namun bila tidak bisa mengendalikan nur kauniyah ilahiyah tersebut maka jadilah jadzab yaitu suatu keadaan seseorang yang hanyut dalam cinta mati kepada allah, yang diingat hanya allah, tiap detik tiap waktu yang diingat hanya allah, begitulah wali jadzab yang tak bisa mengendalikan nur kauniyah ilahiyah dalam hatinya hingga dia hanyut didalam nur kauniyah ilahiyah tanpa bisa mengingat apapun kecuali allah, makanya wali jadzab sering kali berperilaku seperti orang gila, bertingkah aneh, dan berkelakuan diluar kewajaran dengan karomah.

Dalam perjalanan spiritual masing-masing orang dalam pendekatannya dengan allah mereka menempuh jalan yang berbeda-beda, makanya muncul beragam jalan (thoriqoh) yang dipimpin imam tertentu dalam suluk (menuju jalan allah) agar cepat sampai dengan didasari hati yang bersih, melakukan kewajiban dan meninggalkan keharaman. namun ada juga yang bisa langsung ke hadirat allah tanpa suluk yaitu dengan makrifat kun fayakun yang bisa dilihat rahasianya diantara kaf dan nun. untuk melihat rahsia antara kaf dan nun diperlukan kesatuan rasa antara jiwa, allah dan sifat allah. Apapun yang tak mungkin pun bisa mungkin terjadi bila sudah berhubungan dengan orang yang memahami makrifat kun fayakun. 

Syekh muhammad arsyad albanjari kalimantan pernah terkenal dengan kealiman dan kewaliannya kala itu. banyak menyebarkan agama islam dikalimantan dan pernah dijawa barat. ketika dibatavia (sekarang jakarta) syeh arsyad didakwa sebagai pemberontak belanda dan ditangkap. ketika itu beberapa pejabat belanda mengetest syekh arsyad yang katanya sakti, mereka bertanya apakah didalam air kelapa ada ikannya (mungkin mereka ingin membandingkannya dengan saridin) lalu syekh arsyad berkata "ya didalam air kelapa ada airnya" setellah mereka engambil kellapa muda dan dipecah ternyata benar ada ikannya, diulangi lagi mengambil kelapa yang baru dan dipecah ternyata da ikannya juga dan diulang beberapa kali memang ada ikannya didalam air kelapa muda. akhirnya mereka tak berani menangkap syekh arsyad. ikan dalam air kelapa memang tidak logic tapi bagi orang yang menguasai makrifat kun fayakun apapun bisa terjadi.

Perlu difahami ketika anda bilang besok hujan maka belum tentu hujan karena tiada koneksi antara jiwa, allah dan sifat allah. tapi ketika sariidin bilang didalam air kelapa ada ikannya maka terjadi koneksi antara jiwanya dengan allah dan sifat allah, jiwang menginginkan ikan dalam air kelapa dan terkoneksi dengan allah yang bersifat maha kuasa maka kun fayakun terjadilah ikan dalam air kelapa. perlu mengolah batin agar terhubung antara jiwa, allah dan sifat allah inilah trilogi makrifat.

Pahamilah kata rahasia BILLAHI KANA MA KANA BILLAHI YAKUNU MA YAKUNU "bersama allah pasti terjadi apapun semua yang mungkin terjadi dan bersama allah pasti terjadi apapun yang mustahil terjadi" pahamilah secara makna dan jangan difahami secara logat. yang perlu anda catat adalah kata "BERSAMA ALLAH" jadi apapun ilmu yang anda gunakan selama tidak bersama allah maka tak akan terjadi. apapun yang anda katakan tak akan pernah terwujud bila tidak bersama  allah. selama keinginan jiwa hanya didasari nafsu dan ketamakan maka tak akan terjadi seperti yang diinginkan karena nafsu menghalangi antara jiwa dengan allah dan sifat allah. Terkadang hidup ini butuh keajaiban dan keajaiban adalah hal diluar nalar yang bisa terjadi hanya bila bersama allah.

Saya coba terangkan kalimat makrifat kun fayakun ini tahap awal. selanjutnya anda bisa mencari mursyid yang mapan agar dengan kalimat BILLAHI KANA MA KANA BILLAHI YAKUNU MA YAKUNU anda bisa memahami bagaimana cara koneksi antara jiwa, allah dan sifat allah. makrifat kun fayakun adalah termasuk makrifat tertinggi diatas makrifat nur muhammad karena nur muhammad dibalut dengan sifat nur jamalnya allah. dalam tahap awal ini saya terangkan kalimat makrifat kun fayakun dipertemuan selanjutnya.

By wan fuad
YouTube Wan Fuad Official
email; awiewings9@gmail.com
hp; +628985412739